Pasang Box Motor Ada Hitungannya


MotoBike - Sepertinya belakangan ini sudah keharusan bagi penyuka motor laki untuk pakai side box dan box atas untuk keperluan turing luar kota. Maklum, motor sport tak dibekali bagasi untuk membawa barang.

Hanya saja, pemasangan box samping dan atas ini sering sembrono alias asal tempel saja. Apalagi kalau braket box model universal versi handmade yang banyak dijajakan sebagai paket pembelian box.

Akibatnya sudah jelas, motor justru tak enak diajak menikung saat muatan penuh karena motor malah doyong bak orang sempoyongan. "Ini karena pemasangan box dan pembuatan braket tanpa perhitungan,” terang Kiki Gustiawan dari Joery Racing di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.

Settingan braket box ada aturannya dan tak bisa asal-asalan. “Posisi box samping dan atas harus serapat mungkin dengan sasis atau bodi belakang,” cetus Juki, panggilan akrabnya.

“Jarak maksimal antara buntut motor dan tatakan (meja) box tak boleh lebih dari 2 jari atau sekitar 6 cm,” ujar pria bertubuh subur ini. Lebih dekat lagi, jelas lebih baik.

Jangankan braket yang versi handmade, versi pabrikan seperti Givi tipe WingRack pun harus dihitung agar motor tetap bisa rebah saat boks samping dan atas bermuatan penuh.

Posisi box saat terpasang pun harus dihitung derajat kemiringannya agar saat motor berdiri tanpa standar samping, posisi tutup atas box harus rata. Hal ini yang sering terlewat, khususnya untuk motor yang sudah ganti kaki-kaki atau modifikasi suspensi depan atau belakang.

“Bila posisi motor nungging sebelum dinaiki, posisi box harus sedikit dibuat miring agar pas pemiliknya dan pembonceng berada di atas jok, posisi box menjadi rata,” terang Juki.

Untuk itu, pegangan side box dan box atas harus rigid alias kaku. Selain itu braket dibuat adjustable agar bisa fine tuning. “Wingrack orisinal pun pasti saya tambah pelat besi setebal 3 mm agar bisa rigid dan disetel,” ujarnya. Makanya, Juki mematok biaya Rp 750 ribu untuk pemasangan box yang paten dan siap turing.

Sumber : motobike

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...